Sudah sesering apa Anda menjodohkan marketing perusahaan dengan dunia digital? Kalau usaha Anda tidak muncul di internet, berarti usaha Anda belum dikenal masyarakat luas. Jadi, Anda tidak boleh menunda untuk belajar tips digital marketing.
Ibu pertiwi memiliki 3,79 juta kaum UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang sudah go online. Itu baru 8 persennya saja dari total pemain UMKM. Yakni, 59,2 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia.
Bahkan dalam rangka percepatan transformasi UMKM ini, di tahun 2019 pemerintah meluncurkan program dengan tajuk “8 Juta UMKM Go Online“. E-commerce paling berpengaruh di Indonesia pun sampai ikut turun tangan.
Siapa saja mereka? Mereka adalah BliBli, Lazada, Shopee, Mataharimall, Tokopedia, Blanja dan Bukalapak.
Duet pemerintah dan e-commerce diharapkan bisa mewujudkan mimpi Ibu Pertiwi. Yaitu, memodifikasi Indonesia di tahun 2020 sebagai Energy of Asia. Karena sekarang sudah 2021, mungkin udah lebih dari 8 juta UMKM ya.
Ada apa? Memang apa pengaruh digital marketing bagi Indonesia khususnya UMKM?
Internet merupakan media penghubung antara penjual dan pembeli. Dengan adanya akses internet, calon pembeli bisa dengan mudah memilih barang tanpa terhalang oleh ruang.
Akses internet bisa memperluas jangkauan pembeli. Sebelum UMKM pakai internet, biasanya hanya menjangkau 1 daerah saja. Tetapi, setelah melek digital, usaha UMKM bisa menjangkau seluruh daerah di dunia.
Dulu, kalau mau promosi dalam rangka launching suatu produk biasanya harus menyebar brosur. Yang pada akhirnya, setelah brosur itu dibaca mungkin cuma jadi kertas tak berguna.
Dengan memanfaatkan salah satu produk globalisasi, tidak perlu cetak brosur. Buatlah 1 desain promosi lalu sebarkan dengan fasilitas iklan di media sosial. Hemat budget dan mengurangi penggunaan kertas
Jangan jadi pengusaha yang kadaluarsa. Kalau customers ingin dilayani secara online, Anda harus menyiapkan platform-nya. Jangan menunggu mereka datang ke toko dulu.
Pembeli dari daerah yang jauh bisa membeli produk Anda di agen-agen terdekat. Nah, kalau mereka tau produk favoritnya buka cabang di daerah mereka, maka calon buyer akan berusaha untuk mendapatkannya.
Kalau perusahaan lain hanya aktif di hari Senin sampai Sabtu. Maka, Anda tetap produktif walau di hari Minggu. Ketika UMKM lain buka jam 8 pagi sampai jam 5 sore, perusahaan Anda justru melayani selama 24 jam. Apalagi di musim pandemi.
Cuma sentuh, tunggu beberapa menit. Setelah itu pesanan datang. Terasa seperti warung di sebelah rumah bukan?
Dunia digital menyuguhkan pelaku usaha dengan pilihan katalog yang menarik. Penampilan elegan dari katalog akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli.
Kalau keluhan pembeli ditanggapi dengan baik dan cepat. Maka perusahaan akan terupgrade menjadi usaha jempolan. Bahkan Customers Service dari beberapa e-commerce telah diberi bimbingan untuk menangani beberapa kasus.
Terjun ke dunia digital marketing, mau tidak mau Anda harus berhadapan dengan kompetitor Anda. Oleh karena itu, Anda dituntut untuk berinovasi agar produk Anda minimal bisa sejajar dengan produk kompetitor.
Ayo, buat bisnis Anda sejajar dengan para penguasa pasar!
Untuk merasakan manfaat di dunia ini. Anda perlu mengamati banyak hal tentang tips digital marketing.
Digital marketing adalah aktivitas pemasaran dengan cara atau taktik agar bisa memperoleh data, customers dan traffic.
Jika bisnis Anda ingin terekam di dalam jejak digital. Maka Anda harus tahu wejangan di bawah ini:
Pakai google bisnisku bisa membuat tampilan profil usaha Anda muncul ketika penelusuran. Terdiri dari alamat bisnis, jam operasional hingga penilaian tentang bisnis Anda.
Whatsapp bisnis itu berbeda dengan whatsapp biasa. Dari tampilan dan fitur pun memiliki perbedaan. Fiturnya antara lain adalah, profile bisnis, katalog produk, jam operasional, pesan cepat dan statistik pesan.
Banyak perusahaan raksasa yang sudah mendahului kita dalam penggunaan website. Tapi, Anda belum terlambat. Coba tips ini, karena website melambangkan tingkat profesionalitas suatu brand.
Biasanya ada biaya per bulan untuk Email Bisnis. Tapi dengan adanya email khusus menandakan bahwa bisnis Anda bukan kaleng-kaleng.
Copywriting adalah seni dalam menulis iklan. Dengan tujuan: agar calon pembeli tidak berpikir dua kali untuk membeli produk Anda.
Dengan cara blusukan ini, Anda bisa menjangkau 160 juta warga Indonesia. Persiapkanlah lebih dahulu meliputi riset audiens, hingga pembuatan konten yang ciamik.
Influencer bisa saja selebgram, tokoh-tokoh yang berpengaruh, dan kawan-kawannya. Perhatikan kesesuaian produk Anda. Jika, produk Anda adalah kuliner, maka endorse selebgram dengan niche kuliner.
Tips digital marketing bisa Anda pakai secepat mungkin. Pakailah tips ini untuk menjawab tantangan zaman.
Kenapa Anda harus mempelajari dan harus cepat mengaksesnya?
Jangan menunda-nunda. Karena bisa jadi trend digital marketing berubah. Jadi kalau Anda tidak segera eksekusi tips digital marketing ini, takutnya perusahaan Anda semakin tertinggal.
Selamat merencanakan dan mengeksekusi!!!